Kamis, 16 September 2010

Cara meningkatkan kinerja otak + Menghafal dengan mudah

Assalamualaikum! Apa kabar kawan-kawan semua?
Ada tips dan trik baru nih kawan, selamat membaca ya!
--

Apakah kawan-kawan semua suka merasa (setidaknya pernah ;)) otaknya kepenuhan saat balajar atau menghafal? bahkan ada yang pusing sampai-sampai keblinger dan pingsan (waduh lebaay)?
Sebenarnya otak kawan ngga penuh loh... coba bayangin, dalam otak kawan sebenarnya ada sekitar 1 triliun sel otak dengan kapasitas yang luar biasa... dan jika otak memerlukan sel baru untuk menyimpan informasi, dendrit (yang kayak akar itu loh..., nanti ada gambarnya di bawah..) akan membuat percabangan baru, dan disitulah informasi akan disimpan... Semakin banyak menghafal, semakin banyak dendrit tumbuh. Dan semakin banyak dendrit tumbuh maka semakin sehat otak kita.
Gambar sel otak
Eh kawan, sebenarnya otak punya 3 bagian loh... Ada bagian otak kiri, otak kanan dan otak kecil. Khusus otak kecil (karena ga ada keterangannya di gambar, hoho...) fungsinya mengendalikan refleks, seperti kerja pencernaan, bernafas, dll

Pembagian fungsi otak kiri dan kanan

Dijelasinnya sampai sini dulu ya, kalau ada yang mau ditanyain lagi atau kurang jelas bisa tulis di komentar ya.. ;))

Lanjut ke tips meningkatkan kerja otak... Kawan-kawan bisa melakukan hal-hal dibawah ini supaya otak kawan-kawan bisa lebih cepat berpikir dan mudah menghafal ;D

  • Pertama, JANGAN STRES KAWAN! Di saat stres, dendrit di otak kita banyak yang mati dan menjadi susah untuk tumbuh dendrit baru loh (makanya banyak orang yang stres menjadi gila, karena dendritnya sangat sedikit jadi sangat sulit berpikir, walaupun hanya berpikir yang simpel).. Dan juga menggangu kerja Hipokampus. Saat stres, hipokampus menciut dan dampaknya adalah menjadi susah belajar dan mengingat (makanya kalau pas lagi sekolah, kawan di suruh maju ke depan dan lagi deg-degan, di depan suka nge-blank [istilahna mah], ya kan? ya dong? hihi). Sebaliknya, jika kita dalam keadaan senang, Hipokampus akan berkembang dan menjadi lebih mudah mengingat. Makanya, kita harus belajar dalam suasana yang menyenangkan, penuh canda dan tawa (tapi jangan ketawa sendiri ok? ntar disangka gila lagi... hihi)..
  • Kedua, berpikir kreatif dan tidak berurutan! Karena kreatif dan acak-adut merupakan sifat otak kanan, yang memiliki memori jangka panjang (long-term memory). Coba hafalkan ini: sapi, lapangan, traktor, TV, api, selembar, peri, gosong, gaun, rumah  dalam waktu 10 detik! ~~~Nah sekarang coba hafalkan dengan cara lain, seperti ini : sapi main bola di lapangan, bolanya kelindas traktor, beritanya masuk TV, gak lama TVnya ngeluarin api dan membakar selembar uang seribu. Tidak lama datang peri menyelamatkan uang itu. Malang, peri itu gosong karena gaunnya kena api. Akhirnya rumah terbakar. Lebih mudah hafal yang mana? Ohya kawan, dan jangan lupa menghafal dengan warna warna ya...
  • Konsumsilah makanan bergizi dan bervitamin! Karena nutrisi sangat mempengaruhi otak loh... Perbanyaklah makanan bergizi, terutama yang memiliki kandungan Omega-3 dan DHA yang tinggi (biasanya minyak ikan), dan KURANGI kosumsi Omega-6 dan Vetsin. Kenapa? Karena kedua zat itu bisa membuat dendrit di otak kita (istilahnya) terbakar. Semakin sering dan banyak kita mengonsumsi makanan yang mengandung zat tersebut, semakin banyak dendrit yang terbakar. Fast Food, K**, M*Do****'*, dll. adalah contoh makanan yang mengandung banyak Omega-6. Dan yang terpenting, perbanyak makan buah dan perbanyak minum, karena hampir sekitar (kalau ga salah ya...) 75% otak kita terdiri dari air.

  • Ketiga, gunakanlah Emosi! Otak kanan sangat dipengaruhi oleh emosi, begitu pula dengan hipokampus. Oleh karena itulah mengapa kita lebih cepat menghafal novel daripada buku pelajaran. karena saat kita membaca novel secara tidak langsung (atau mungkin langsung) kita melibatkan emosi. Tapi gunakan emosi yang positif ya!
  • Selanjutnya, Rajinlah Membaca! karena membaca juga akan memperbanyak dendrit yang ada di otak kita loh..
  • Membuat catatan / diary. Menulis juga akan memperbanyak dendrit di otak kita sekaligus melatih daya imajinasi dan kreatifitas kita...
  • Pelajari dan lakukan hal yang baru. Seperti yang udah disebutkan, dendrit akan berkembang saat kita menerima hal yang baru. Dan tentunya harus menarik!
  • Pulang dan pergilah dengan jalur berbeda.

  • Untuk mempermudah mengingat nomor, buatlah lagu dari angka-angka yang ada pada nomor tersebut. Dan untuk nama, ingatlah ciri khas pemilik nama tersebut.
Sekian dulu ya kawan, Insyaallah lain waktu akan aku update lagi!
Semoga bermanfaat bagi kawan-kawan!

Sampai bertemu lain waktu!!! Tetap buka blog ini ya! Assalamualaikum!

1 komentar:

BISMILLAHIRAHMANIRRAHIIM...Mulai Menjalankan program baruuu