Minggu, 12 September 2010

Ini Logo Kita!

Logo adalah kata yang tidak asing lagi terdengar. Setiap organisasi, perusahaan, sekolahan sampai pemerintahan punya logonya masing-masing. Lalu apa itu logo? Kenapa semuanya seperti harus mempunyai logo? …..
Logo berasal dari bahasa yunani logos, yang berarti kata, pikiran, pembicaraan, akal budi. Pada awalnya, kata logo ngga populer, justru kata logotype lah yang populer. Istilah tersebut pertama kali muncul pada rentan taun 1810 – 1840, yang diartikan: tulisan nama entitas[1] yang didesain khusus, Berikut beberapa contoh Logotype
Contoh Logo type:

Lalu, istilah logo baru dipakai pada taun 1937. Logo merupakan penyingkatan dari logotype. Tapi bedanya, logotype hanya terdiri dari elemen tulisan aja, sedangkan logo bias terdiri dari berbagai elemen: tulisan, gambar, ilustrasi, dll.
Contoh Logo:
 Salah satu fungsi logo adalah sebagai gambaran identitas. Maksudnya, dengan logo, sebuah organisasi, lembaga, atau perusahaan menampilkan siapa dirinya. Oleh karena itu, semua elemen yang ada dalam logo (tulisan, gambar, warna, dll) pasti punya arti. Dan semuanya disesuaikan dengan karakter, tujuan, nilai yang dianut oleh organisasi ato lembaga pemilik logo. Yaa..mirip dengan manusia. Tingkah lakunya, cara ucapnya, dan dandanannya menjadi identitas diri yang mengungkap siapa dirinya.

KRIMA sebagai sebuah organisasi remaja masjid juga punya logo. Ga jelas kpn KRIMA mulai punya logo.tapi, klo ga salah sekitar taun 2006 an, logo KRIMA baru tercipta. Sesuai dgn fungsi logo yaitu sebagai identitas diri, logo KRIMA punya arti sendiri yang tentunya melambangkan semangat, nilai, dan tujuan yang diingin di capai KRIMA.

Temen-temen, di bawah ini adalah arti dari logo KRIMA:

Bentuk dasar lingkaran mempunyai arti dinamis, bergerak, tak terputus, sempurna, kesatuan dapat diandalkan. Maksudnya KRIMA adalah sekelompok remaja masjid yang selalu dinamis, aktif bergerak, dan memiliki ikatan silaturahmi yang kuat.

Warna hitam berarti kecerdasan. Maksudnya, remaja muslim yang tergabung dalam KRIMA adalah remaja muslim yang cerdas.
Warna merah berarti kuat, energi, berani, cinta, gembira. Maksudnya adalah KRIMA adalah sekelompok remaja muslim yang kuat, pemberani, berenergi, dan senantiasa bergembira dan penuh kecintaan terhadap sesama dalam menjalani kehidupan.

Lingkaran merah bertuliskan “Allah, Rasul, Muhammad”. Maksudnya jantung dari KRIMA adalah kecintaan terhadap Allah dan Muhammad Rasulullah Saw.

Kubah di dalam lingkaran dengan garis berwarna merah. Maksudnya adalah yang menjadikan remaja muslim bersatu dalam KRIMA adalah keterpautan terhadap masjid.

Huruf K di tengah lingkaran adalah inisial organisasi yang dicintai. Selain itu, bentuk K ini adalah penggabungan dari bentuk huruf Alif dan pedang. Alif adalah huruf pertama dalam susunan huruf hijaiyyah, berarti KRIMA haruslah menjadi organisasi remaja masjid yang terdepan. Sedangkan pedang merupakan simbol jihad. Bukan berarti anggota KRIMA harus mengangkat pedang untuk berjihad. Tapi maksudnya, apa saja aktivitas yang dilakukan di KRIMA harus dimaknai sebagai jihad dalam agama.

Tulisan KELUARGA REMAJA MASJID AL MUHAJIRIN dengan huruf kapital dan berwarna merah adalah penegasan bahwa organisasi remaja muslim yang dinamis, berani, kuat, dan cerdas ini adalah Keluarga Remaja Masjid Al-Muhajirin (KRIMA)

May Allah and Rasul Bless us!

Wae 120910


[1] Entitas tuh…” sebuah objek yang keberadaannya dapat dibedakan terhadap objek lain”
Entitas dapat berupa orang, benda, tempat, kejadian, konsep Contoh:
§  Orang: MAHASISWA, DOSEN, PEMASOK, PENJUAL
§  Benda: MOBIL, MESIN, RUANGAN
§  Tempat: NEGARA, DESA, KAMPUNG
§  Kejadian: PENJUALAN, REGISTRASI
§  Konsep: REKENING, KURSUS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BISMILLAHIRAHMANIRRAHIIM...Mulai Menjalankan program baruuu